lewat ke teks utama

Penyalinan/Pencetakan Berhenti

  1. Pemeriksaan 1 Apakah kertas telah dimuatkan?

    Pastikan kertas telah dimuatkan.

    Jika perlu, muatkan kertas.

  2. Pemeriksaan 2 Apakah dokumen yang akan dicetak memiliki banyak foto atau ilustrasi?

    Mesin dan komputer membutuhkan waktu untuk memproses data besar seperti foto atau grafik lainnya, sehingga mungkin tampak seperti mesin tidak beroperasi.

    Selain itu, jika Anda mencetak data yang memerlukan banyak tinta pada lembar berurutan di kertas biasa, mesin mungkin terjeda untuk sementara waktu. Apa pun kasusnya, tunggu sampai proses selesai.

    Catatan

    • Jika Anda mencetak dokumen dengan area pencetakan yang besar atau mencetak beberapa salinan, pencetakan mungkin terjeda untuk membiarkan tinta mengering.

  3. Pemeriksaan 3 Apakah mesin telah mencetak terus-menerus dalam jangka waktu yang lama?

    Jika mesin telah digunakan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, kepala cetak atau bagian lain di sekitarnya mungkin menjadi terlalu panas. Mesin mungkin berhenti mencetak di jeda garis untuk sementara waktu dan kemudian melanjutkan pencetakan lagi.

    Dalam kasus ini, tunggu beberapa saat tanpa melakukan apa pun. Jika pencetakan tidak dilanjutkan, hentikan sesi pencetakan Anda dan matikan mesin selama sekurangnya 15 menit.

    Perhatian

    • Kepala cetak dan area di sekitarnya dapat menjadi sangat panas. Jangan pernah menyentuh kepala cetak atau komponen di dekatnya.

  4. Pemeriksaan 4 Jika penyalinan berhenti sebelum selesai, ulangi penyalinan.

    Jika waktu tertentu berlalu setelah terjadi beberapa kesalahan saat menyalin, mesin berhenti beroperasi.