lewat ke teks utama

Pembatasan

Ketika menghubungkan perangkat lain saat sebuah perangkat (seperti ponsel pintar) telah terhubung ke pencetak, hubungkan menggunakan metode koneksi yang sama dengan perangkat yang telah terhubung.
Jika Anda menghubungkan menggunakan metode koneksi yang berbeda, koneksi ke perangkat yang digunakan akan didisfungsikan.

Koneksi Menggunakan Jaringan Berkabel tidak dapat dilakukan pada pencetak yang tidak mendukung koneksi berkabel.

Sambungkan lewat perute nirkabel

  • Anda tidak dapat menghubungkan pencetak dengan koneksi nirkabel dan berkabel secara bersamaan.
  • Pastikan perangkat Anda dan perute nirkabel terhubung. Untuk detail lebih lanjut tentang memeriksa setelan ini, lihat petunjuk yang tersedia dengan perute nirkabel atau hubungi produsennya.
    Untuk perangkat yang telah terhubung ke pencetak tanpa menggunakan perute nirkabel, hubungkan ulang lewat perute nirkabel.
  • Konfigurasi, fungsi perute, prosedur pengesetan dan setelan keamanan perangkat jaringan bervariasi tergantung pada lingkungan sistem. Untuk detail, lihat petunjuk untuk perangkat jaringan Anda atau hubungi produsennya.
  • Periksa apakah perangkat Anda mendukung IEEE802.11n (2,4 GHz), IEEE802.11g atau IEEE802.11b.
  • Jika perangkat Anda diset ke mode "hanya IEEE802.11n", WEP atau TKIP tidak dapat digunakan sebagai protokol keamanan. Ubah protokol keamanan untuk perangkat Anda ke sesuatu selain WEP dan TKIP atau ubah setelan ke sesuatu selain "hanya IEEE802.11n".
    Koneksi antara perangkat Anda dan perute nirkabel akan didisfungsikan sementara waktu pada saat setelan diubah. Jangan lanjutkan ke layar petunjuk berikutnya sampai pengesetan selesai.
  • Untuk penggunaan kantor, konsultasikan dengan administrator jaringan Anda.
  • Perhatikan bahwa jika Anda terhubung ke jaringan tanpa perlindungan keamanan, informasi pribadi Anda dapat diungkapkan ke pihak ketiga.

Koneksi Langsung (Mode Titik Akses)

Penting

  • Jika perangkat terhubung ke Internet melalui perute nirkabel, dan kemudian Anda menghubungkannya ke pencetak dalam mode Koneksi Langsung, koneksi yang telah ada antara perangkat dan perute nirkabel akan didisfungsikan. Dalam kasus tersebut, koneksi perangkat mungkin dialihkan ke koneksi data seluler secara otomatis tergantung pada perangkat Anda. Ketika Anda terhubung ke Internet menggunakan koneksi data seluler, biaya mungkin berlaku tergantung pada kontrak Anda.

    • Ketika Anda menghubungkan perangkat dan pencetak menggunakan Koneksi Langsung, informasi koneksi akan disimpan ke setelan Wi-Fi. Perangkat mungkin terhubung ke pencetak secara otomatis meskipun setelah memutuskan atau menghubungkannya ke perute nirkabel lain.
    • Anda tidak dapat terhubung ke perute nirkabel dan pencetak dalam mode Koneksi Langsung secara bersamaan. Jika Anda memiliki perute nirkabel, dianjurkan agar Anda menggunakan perute nirkabel untuk menghubungkan ke pencetak.
    • Untuk mencegah koneksi otomatis ke pencetak dalam mode Koneksi Langsung, ubah mode koneksi setelah menggunakan pencetak, atau set agar tidak terhubung secara otomatis pada setelan Wi-Fi perangkat tersebut.
      Untuk detail tentang memeriksa atau mengubah setelan perute nirkabel, lihat petunjuk perute nirkabel atau hubungi produsennya.
  • Jika Anda menghubungkan perangkat dan pencetak dengan menggunakan Koneksi Langsung, koneksi Internet mungkin menjadi tidak tersedia tergantung pada lingkungan Anda. Dalam kasus tersebut, layanan web untuk pencetak tidak dapat digunakan.
  • Dalam mode Koneksi Langsung, Anda dapat menghubungkan hingga lima perangkat secara bersamaan. Jika Anda mencoba untuk menghubungkan perangkat ke-enam saat lima perangkat telah terhubung, kesalahan akan muncul.
    Jika kesalahan muncul, cabut perangkat yang tidak menggunakan pencetak, kemudian konfigurasikan setelan lagi.
  • Perangkat yang terhubung ke pencetak dengan menggunakan Koneksi Langsung tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.
  • Pembaruan firmware untuk pencetak tidak tersedia saat menggunakan Koneksi Langsung.
  • Ketika perangkat telah terhubung ke pencetak tanpa menggunakan perute nirkabel dan Anda ingin mengesetnya kembali menggunakan metode koneksi yang sama, putuskan hubungan terlebih dahulu. Disfungsikan koneksi antara perangkat dan pencetak pada layar setelan Wi-Fi.

Koneksi Menggunakan Jaringan Berkabel

  • Anda tidak dapat menghubungkan pencetak dengan koneksi nirkabel dan berkabel secara bersamaan.
  • Ketika menggunakan perute, hubungkan pencetak dan perangkat ke sisi LAN (segmen jaringan yang sama).